Home » , , , » Cara Memasang Meta Tag Terstruktur di Blog

Cara Memasang Meta Tag Terstruktur di Blog

Written By Unknown on Sunday, June 9, 2013 | 3:59 PM



Cara Memasang Meta Tag Terstruktur di Blog - Meta Tag adalah beberapa deskripsi cerminan sebuah blog yang dipasang pada bagian Head pada sebuah template yang berfungsi untuk menambah keakuratan informasi sebuah blog. Fungsi dari Meta Tag adalah tertatanya sebuah struktur sebuah blog sehingga search engine lebih spesifik mengindeks seluruh data yang terkandung pada blog atau website. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai "Cara Mengecek Meta Tag Data Terstrukur Cara Menanam Meta Tag Data Terstrukur"


Cara Mengecek Meta Tag Data Terstrukur


Apa itu Data Struktur?

Data Struktur adalah pengenalan Search Engine terhadap blog yaitu mengenai konten atau pemilik blog tersebut. jika data blog anda terstruktur dengan benar maka google akan lebih sangat bersahabat dengan blog anda sehingga artikel anda akan terindeks seluruhnya. pada awal konfigurasi SEO Webmaster sangat wajar jika muncul peringatan TIDAK DITEMUKAN DATA TERSTRUKTUR DI WEBSITE ANDA. 

Itu terjadi karena kita belum mengoptimalkan kinerja situs/blog kita. dan walaupun sudah di optimalkan masih akan tetap timbul peringatan TIDAK DITEMUKAN. Peringatan tersebut dapat kita lihat ketika meng-Klik Tab Data Terstruktur pada webmaster kita oleh karena Google meng-update blog kita paling cepat satu minggu bahkan satu bulan. berikut ini adalah screenshot data struktur sebuah blog pada google webmaster tools.

Berikut contoh Blog yang belum terstruktur

Untuk mengecek ada atau tidaknya meta tag pada blog, kita bisa menggunakan tools bawaan google yaitu Google Rich Snippet. Jika anda ingin mencoba mengetahui kesalahan-kesalahan data terstruktur blog anda silahkan klik link Rich Snippet ini. pada Alat Uji Coba Data Terstruktur silahkan ketikkan url blog anda kemudian pratinjau. gambar dibawah ini adalah contoh blog saya yang sudah saya optimalkan data terstrukturnya sehingga tidak ditemukan kesalahan.

Sedangkan gambar berikut ini adalah contoh blog error data strukturnya  karena belum di optimalkan.
Contoh Blog Error karena belum diberi Meta Tag

Penjelasan mengenai Cara Mengecek Meta Tag dengan Data Terstrukur sudah usai dan semoga anda mengerti inti dari data struktur dan cara mengeceknya. sekarang kita beralih ke tutorial selanjutnya yaitu mengenai Cara Menanam Meta Tag Data Terstruktur




Cara Menanam Meta Tag Data Terstruktur

Untuk membangun Data Blog/Website agar terstruktur dengan benar yang harus dilakukan adalah mengkonfigurasi HTML Template blog anda dengan menambahkan meta-tag. Baiklah, langsung saja kita ke langkah optimalisasi data terstruktur situs/blog. berikut cara-caranya:
1. Log in Blogger
2. Buka Edit HTML
3. Carilah kode berikut dengan CTRL+F, letaknya paling atas:
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd">
<html xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
<head>

Jika sudah ketemu, silahkan ganti dengan kode di atas tadi dengan kode berikut ini:
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html expr:dir='data:blog.languageDirection' itemprop='http://schema.org/Article' itemscope='http://schema.org/Article' itemtype='http://schema.org/Article' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>

<html lang='id' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'/>

<head>

4. Langkah selanjutnya, Hapus seluruh kode diantara kode <head> sampai kode <b:skin><![CDATA[
Kemudian copylah kode berikut ini dan paste di antara kode <head> sampai kode <b:skin><![CDATA[
<link href='https://plus.google.com/108091474010201886847' rel='publisher'/>
<meta charset='utf-8'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/></title><b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title></b:if><b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title></b:if>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
 <meta content='OnBee Blog | Gudang Artikel, Makalah, Karya Ilmiah, Skripsi, Webmaster, Apps-Games, Free Movie n MP3' name='description'/>
<meta content='Makalah, Karya Ilmiah, Skripsi, Film, MP3, Gratis,' name='keywords'/>
<meta content='Romances' name='Author'/>
<meta content='onbeeblog@gmail.com' name='Email'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='all' name='robots'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>
<meta content='1 days' name='revisit-after'/>
</b:if>
<meta content='https://plus.google.com/108091474010201886847' name='DC.Creator'/>
<meta content='OnBee Blog' name='DC.Identifier'/>
<meta content='ID' name='DC.Language' scheme='ISO639'/>
<meta content='OnBee Blog' lang='id' name='DC.Title'/>
<meta content='www.blogger.com' name='DC.Relation.IsPartOf'/>
<meta content='1998-09-22' name='DC.Date.LastModified' scheme='ISO 31-1'/>
<meta content='https://plus.google.com/108091474010201886847' name='DC.Publisher'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>

Silahkan anda ganti tulisan yang bercetak tebal merah tersebut dengan Kriteria blog anda.
Catatan:
Jika diantara kode <head> sampai kode <b:skin><![CDATA[ terpadat script bawaan template misalnya script FONT seperti ini :
<link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Oswald' rel='stylesheet' type='text/css'/> jangan dihapus, karena akan mengakibatkan buruknya tampilan blog.

5. Langkah berikutnya, carilah kode seperti ini: <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
Jika sudah ketemu, silahkan paste kode berikut ini tepat diatasnya:
<div class='vcard' id='hcard- OnBee Blog'>
<span class='fn n'>
<span class='given-name'>Posted by: Romances</span>
</span>
<a class='updated' href='http://onbeeblog.blogspot.com/' rel='bookmark'> OnBee Blog, </a> Updated at: <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></div>

→ Gantilah kode yang berwarna merah dengan kriteria blog anda/
Langkah pengoptimalisasi data terstruktur sudah selesai, anda bisa mengecek blog anda kembali dengan menggunakan GOOGLE RICH SNIPPET


Cara Mengatasi Profil Pengarang dan Profil Penerbit yang belum terverifikasi


Menanggapi komentar sahabat blogger yang mengalami masalah tidak terverifikasinya profil pengarang dan penerbit pada pratinjau Rich Snippet Google maka akan saya ulas disini.

Berdasarkan hasil review saya menggunakan Rich Snippet Google
Jika menggunakan url default ( http://kesiangansekolah.blogspot.com ) maka profil pengarang dan penerbit terverifikasi, seperti gambar dibawah ini :

Sedangkan jika menggunakan url www ( http://www.kesiangansekolah.blogspot.com ) hasilnya berwarna merah seperti gambar berikut :

Untuk mengatasi masalah tersebut sangat mudah, yaitu mengisi 2 (dua) buah url pada Profil Lainnya di akun Google Plus, url ke-1 tanpa www, dan yang ke-2 menggunakan www seperti gambar dibawah ini :

Cara diatas dijamin berhasil dan tidak ada lagi masalah tidak terverifikasinya profil pengarang dan penerbit pada review Rich Snippet. namun jika masalah masih timbul, silahkan copy kode berikut dan paste tepat dibawah kode <head>
<link href='https://plus.google.com/kode_id_anda' rel='author'/>
<link href='https://plus.google.com/kode_id_anda' rel='publisher'/>

Usai sudah penjelasan mengenai Cara Memasang Meta Tag Data Struktur dan itu belum lengkap jika anda belum memasang Meta Tag Language, karena Meta Tag Language adalah salah satu syarat naik atau tidak derajat sebuah blog dimata google. bagi anda yang ingin memperdalam ilmu mengenai SEO, silahkan baca artikel saya selanjutnya mengenai Cara Memasang Meta Language Indonesia Valid. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat bagi semua.

0 comments:

Post a Comment