Home » , » Pengertian WWW menurut Ahli dan Buku

Pengertian WWW menurut Ahli dan Buku

Written By Unknown on Monday, June 3, 2013 | 4:49 AM



Pengertian WWW menurut Ahli dan Buku - Istilah WWW (World Wide Web) diambil dari sebuah istilah untuk menidentifikasikan media Internet. WWW adalah sebuah media informasi global yang menghubungkan antara pengguna internet ( user ) ke server serta user lain untuk menyajikan data, dokumen, dan informasi yang dapat digunakan bersama-sama dengan pemformatan bahasa HTML.
www-world-wide-web
Istilah Web sering diidentikan dengan Internet itu sendiri, meskipun sebenarnya Web merupakan salah satu jasa yang beroperasi di atas Internet seperti halnya e-mail. Sejarah Internet terjadi jauh sebelum Web muncul dan di kembangkan.

Berikut ini adalah pengertian WWW menurut para ahli dan buku serta sejarah singkatnya :
1. Berdasarkan F. BUDI HARDIMAN
Www adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.

2. Menurut SUWANTO RAHARJO S.Si, M.KomWeb merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan layanan lain seperti ftp, news, gopher, flaship atau bahkan email.

3. Sedangkan YUHEFIZAR
Web adalah suatu metode untuk menampilan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suaramaupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser.

4. WWW menurut MCLEOD (PEARSON)
Www adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana dokumen - dokumen hypermedia (file - file komputer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara - cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
Sejarah Web dimulai pada tahun 1980, ketika seorang Inggris bernama Tim Berners-Lee yang bekerja di CERN (Badan Tenaga Atom Eropa) membuat ENQUIRE, sebuah basis data personal dan model software. Berners-Lee juga memperkenalkan konsep hypertext, di mana setiap halaman informasi baru di ENQUIRE tersambung secara langsung ke halaman yang ada.

Pada tahun 1984, Tim Berners-Lee kembali ke CERN dan mengemukakan gagasan bahwa semua fisikawan di dunia perlu untuk berbagi data. Namun, tidak ada perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan hal itu terjadi. Atasan Tim, Mike Sendall, meminta Tim untuk mengimplementasikan gagasannya di mesin workstation NeXT yang baru saja diterima oleh CERN. Pada waktu itu, ada beberapa nama yang disiapkan untuk gagasan Berners-Lee, antara lain Information Mesh, The Information Mine atau Mine of  Information, dan World Wide Web yang akhirnya dipilih.

Barulah tepatnya pada Bulan Desember 1990, Tim Berners-Lee berhasil membuat semua perangkat yang dibutuhkan agar Web dapat bekerja., yaitu Web browser yang pertama, WorldWideWeb (yang juga merupakan Web editor), Web server pertama (info.cern.ch), dan halaman Web yang pertama yang menjelaskan tentang proyek tersebut. Browser yang dikembangkan dapat mengakses kelompok diskusi USENET dan juga mengakses file FTP. Hanya saja perangkat ini masih dalam tahap pengembangan dan baru dapat digunakan dengan akses Local Area Network.

Pada tanggal 6 Agustus 1991, Tim Berners-Lee menulis resume singkat dari proyek World Wide Web di kelompok diskusi alt.hypertext. Tanggal ini kemudian ditandai sebagai tanggal kemunculan Web pertama kali secara publik di Internet.

Dengan mengklik sebuah hyperlink, maka kita bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya. Melalui web, kita bisa mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, audio, video, suara, program, film dan animasi. Dokumen ini akan diintegrasikan kepada sebuah URL. Apakah pengertian, fungsi, dan sejarah URL ?

Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW (singkatan dari World Wide Web) adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hipertaut), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

0 comments:

Post a Comment